Iklan Bos Aca Header Detail

Sosialisasikan KUR dan Pemasaran Digital untuk Usaha Kecil

Sosialisasikan KUR dan Pemasaran Digital untuk Usaha Kecil

RADARLAMPUNG.CO.ID - Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setkab Tanggamus menggelar sosialisasi kredit usaha rakyat (KUR) dan pemasaran digital. Kegiatan yang direncanakan berlangsung tiga hari ini, dilaksanakan di GSG Gisting Bawah, Kecamatan Gisting, mulai Selasa (3/11).

Bupati Tanggamus Dewi Handajani dalam sambutannya memberikan apresiasi atas diselenggarakannya sosialisasi KUR dan pemasaran digital.

Menurut Dewi, pemerintah mengucurkan program KUR dengan tujuan meningkatkan dan mempermudah akses kredit melalui lembaga perbankan kepada masyarakat serta pelaku usaha kecil dan menengah.

\"Diharapkan, dengan terealisasinya program KUR ini, membantu permodalan bagi para pelaku usaha kecil dan usaha menengah,\" kata Dewi.

Melalui program tersebut, ke depan mampu mempercepat pertumbuhan sektor riil dan secara langsung dapat berperan dalam menanggulangi kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Khususnya bagi pelaku usaha.

Bunda Dewi--sapaan akrab Dewi Handajani, melanjutkan, subsektor perdagangan terus tumbuh di Tanggamus. Ini diiringi dengan mulai meningkatnya jumlah dan kualitas UMKM.

\"Hal tersebut diperkuat dengan data penyaluran KUR tahun 2019 di Tanggamus sebanyak 12.447 debitur. Dengan penyaluran kredit subsektor perdagangan sebesar 49,57 persen atau lebih besar dari penyaluran kredit subsektor pertanian yang hanya sebesar 29,77 persen,\" urainya.

Diakui bupati, saat ini banyak usaha kecil yang dapat bertahan, karena mengubah konsep pemasaran menjadi digital marketing.

Metode ini memang bukan hal yang baru. Tetapi saat seperti ini, telah menjelma menjadi senjata bagi banyak usaha untuk tetap bertahan dan berkembang.

Hal ini diperkuat dengan laporan Studi Indonesia Millenial Report 2019 yang dilakukan IDN Research Institute. Di mana, sebanyak 94,4 persen millenial sudah terhubung dengan internet. Sebanyak 57,6 persen di antaranya mencari informasi tentang produk yang ingin dibeli secara online.

\"Untuk itu pada sosialisasi program KUR tahun 2020 ini, juga kami kombinasikan dengan sosialisasi pemasaran digital. Dengan harapan dapat menjadi solusi yang baik bagi pemasaran berbagai produk lokal dari UMKM serta bisnis perdagangan kecil yang ada di Tanggamus,\" paparnya.

Sementara Kabag Ekobang dan Sumber Daya Alam Firmalinda mengatakan, sosialisasi bertujuan memberikan pemahaman yang lebih komprehensif kepada pelaku usaha mikro kecil dan kelompok masyarakat lainnya, tentang tata cara memperoleh KUR.

\"Dalam kegiatan ini, pelaku usaha mikro kecil dan kelompok masyarakat diberikan pemahaman yang lebih, tentang tata cara memanfaatkan teknologi informasi untuk pengembangan usahanya,\" kata Firmalinda. (ehl/rnn/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: